Rabu, 23 November 2011

TIPS AMAN MENGENDARAI SEPEDA MOTOR




Sebagian besar masyarakat ibu kota mengendarai sepeda motor dari satu tempat ke tempat lain. Karena sepeda motor dapat mempersingkat waktu ke tempat tujuan, karena saat jalan sedang macet sepeda motor masih bisa menyalip atau jalan merayap. Akan tetapi banyak sekali bahaya yang mengancam saat berkendara sepeda motor, jika kita lengah sedikit saja. 

            Sedikit berbagi tips aja, sebagai sesama pengendara sepeda motor. Ada beberapa yang harus kita siapkan saat berkendara sepeda motor, agar selamat sampai tujuan :

1.      Gunakan helm SNI ( Setandar Nasional Indonesia ), gunanya melindungi kepala dari panas, angin, hujan, debu, dan benturan jika terjatuh dari sepeda motor.
2.      Gunakan masker, gunanya melindungi wajah dari debu dan asap kenalpot.
3.      Gunakan jaket motor, gunanya melindungi dari panas terik matahari, dan angin.
4.      Jika ingin lebih lengkap gunakan rompi anti angin, karena angin dapat merusak kesehatan apalagi angin malam. Rompi anti angin berguna banget untuk pengendara sepeda motor aktif.
5.      Untuk melindungi tangan dari panas gunakan Sarung tangan motor, dan supaya tangan tidak kapalan.
6.      Gunakan sepatu tertutup, agar dapat melindungi kaki dari panas dan meringankan cacat pada kaki jika terjadi kecelakaan.
7.      Siapkan jas hujan pada bagasi motor untuk mengantisipasi jika terjadi hujan di tengah jalan.

Selain kelengkapan berkendara, kita juga harus tertib lalu lintas. Taat pada rambu-rambu lalu lintas dan polisi lalu lintas. Bawa terus Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNKB) dan Surat Izin Mengemudi (SIM), mengantisipasi jika ada razia polisi lalu lintas. Saat berkendara berkonsentrasilah pada jalan dan kendaraan lain di sekitar anda. Dan jangan lupa Nyalakan lampu.

Jika semua sudah lengkap, berarti siap untuk berkendara sepeda motor. Perhatikan kondisi kesehatan, jika lelah perbanyak istirahat. Semoga tips tersebut bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar